TIPE GL PRO & MAX ALL SERIES

Asslamualaikum dulur semuanya,
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis tipe Honda GL PRO&MAX all series. Honda GL mulai dijual oleh Honda di Indonesia sekitar tahun 70an lur dengan kapasitas 100cc dan 125cc khusus untuk pasar asia. Nama GL sendiri adalah singkatan dari Gin Linamoto, yaitu kakek moyang dari Soichiro Honda. Siapa itu Soichiro Honda? Yup Dialah sang pendiri Honda di Jepang sono gan. GL adalah seorang samurai hebat. Honda memberikan penghormatan kepada moyangnya dg memakai inisial moyangnya di motor besar flagship Honda.


 Sebenarnya honda GL memiliki banyak sekali tipe seperti GL 100, 125 GL PRO&MAX GL R 200cc dan lain lain. tetapi saya hanya akan membahas tipe GL PRO&MAX serta GL PRO NEOTECH.
Langsung saja lur tanpa panjang lebar ya hhhe,

1. HONDA GL MAX
Hasil gambar untuk MOTOR GL MAX


GL-Max pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1983 dan terakhir dijual tahun 2005 gan. Berarti panjang umur juga ya, dengan desain yang lebih kekar daripada GL100/125 GL-Max ini memiliki power yang lebih oke daripada pendahulunya. Motor ini memiliki beberapa perubahan siring berjalannya waktu, tapi sayangnya desainnya gak berubah dari pertama kali dijual, hanya mesinnya aja yg berubah. Diawali kemunculannya dengan GL Max Platina yang memiliki sistem pengapian platina kemudian dilanjutkan dengan generasi berikutnya, GL Max CDI White engine tahun 1985, lalu GL-Max Black Engine yang muncul atau GL Max Mesin Hitam yang diproduksi tahun 1987 sampai dengan tahun 1994 dan dilanjutkan oleh generasi terbaru, GL Max Neotech, di tahun 1995 sampai tahun 2005 yang menjadi tahun produksi terakhir Honda GL Max.

Contoh tipe mesin dari GL MAX NEOTECH
Sejarah Honda GL series yang pernah ada di Indonesia


2. HONDA GL PRO

GL-Pro pertama kali muncul sekitar tahun 1982 dengan memakai mesin 105cc dan pengapian platina, sepupu ane pernah punya nih gan GL-Pro dengan mesin 105cc pada blok silindernya dan pengapian platina. Nah buset yang bikin pusing nyetel platinanya itu kalo pas mbrebet di tengah jalan.... hahaha. Ciri khasnya mesin warna putih silver persis kayak gambar.

Honda GL-Pro 145 (white engine)
Sejarah Perjalanan Honda GL-Pro Hingga Megapro di Indonesia

Kemudian pada tahun 1985, gebrakan Honda cukup mengejutkan pasar sepedamotor Indonesia, dengan menghadirkan Honda GL-Pro dengan kapasitas mesin lebih besar dari GL-Max 125cc, yaitu 145cc dan pengapian CDI. Otomatis tenaga yang dikeluarkan pun lebih besar. Penampilan dengan desain lebih menarik dan kekar dibanding seri GL sebelumnya. Keluarnya GL Pro langsung mendapat sambutan hangat dari pengguna sepedamotor di Indonesia. Imej motor 4-tak irit tanpa perlu oli samping membuat penjualannya pun termasuk "laris" menyisihkan para kompetitor, menjadikan Honda semakin "berlari" sendiri, nyaris tanpa saingan menguasai pasar sepedamotor di Indonesia. Para kompetitornya sedang ramai-ramainya mengeluarkan mesin 2-tak yang berlomba-lomba membuat sepedamotor kencang. Honda GL Pro hadir tidak terlalu mengutamakan kecepatan untuk bersaing dengan para kompetitor, tapi mengandalkan ketangguhan mesin dan keiritan penggunaan bahan bakar. Oleh karena itu Honda GL-Pro mampu dibawa untuk perjalanan jauh sejauh yang kita mampu tanpa mengalami gangguan mesin. Produksi dan penjualan GL-Pro white engine ini dihentikan pada tahun 1991.



Honda GL-Pro 145 (Black Engine)
Sejarah Perjalanan Honda GL-Pro Hingga Megapro di Indonesia

Belum puas dengan hadirnya GL Pro sebelumnya yang memiliki ciri khas mesin berwarna putih silver atau biasa disebut white engine. Honda mendatangkan Honda GL Pro secara CBU langsung dari Jepang dengan mesin berwarna hitam atau GL Pro Black Engine. Sekilas tidak ada perbedaan dengan kedua varian GL Pro berkapasitas 145cc ini. Selain mesin yang lebih awet dan tangguh, GL Pro Black Engine juga jauh lebih bertenaga serta akselerasinya sangat mengejutkan. Mungkin GL Pro ini merupakan jawaban atas kompetitor yang lebih bertenaga karena menggunakan mesin 2-tak, sedangkan Honda tetep pede dengan 4-tak. Hingga saat ini, GL Pro Black Engine masih menjadi incaran para pengguna sepedamotor. Bahkan menurut penuturan para "bikers", bahwa Honda GL Pro Black Engine mampu mengimbangi sepedamotor keluaran tahun terbaru yang berkapasitas 150cc.

3. HONDA GL PRO NEOTECH

 Honda GL-Pro 160 (Neo Tech)
Sejarah Perjalanan Honda GL-Pro Hingga Megapro di Indonesia
Selanjutnya pada tahun 1995, Honda memperkenalkan Honda GL Pro dengan teknologi baru, atau lebih dikenal dengan nama GL Pro Neo Tech, masih mengandalkan mesin SOHC dengan kapasitas mesin 160cc. Menggunakan mesin baru, yang berbeda dengan mesin GL Pro sebelumnya. Tenaga yang dikeluarkan juga lebih besar dari GL Pro White Engine, tapi dari penuturan beberapa teman yang pernah memiliki sepedamotor ini, secara kemampuan masih sedikit di bawah GL Pro Black Engine, apalagi untuk urusan power dan topspeed.
Pada tahun 1999, produksi Honda GL Pro dihentikan dan dilanjutkan ke generasi Megapro.

Nahhh itu tadi lur seputaran motor GL Tipe MAX PRO NEOTECH.  Demikian artikel yang bisa sayaa sampaikan semoga bermanfaat untuk dulur dulur pencinta motor honda. Sekian dari saya, Seduluran saklawase.
Wassalamualaikum

Komentar

  1. Gl max sama gl platina apa bedanya..........

    BalasHapus
  2. Ane punya satu lur gl pro black engine mudah2 mesin nya masih ori semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasang klakson Avanza di motor CB